When Will You Marry
Lukisan, bagi seorang seniman tentu sangat bernilai. Bagi seorang kolektor pecinta seni, baginya seni adalah karya yang patut diberikan nilai, karena memiliki jiwa dan pesan di dalamnya. Nah tahukah Anda bahwa lukisan memiliki nilai yang sangat tinggi, sampai sampai bisa mencapai triliunan loh.

Wah lukisan mana saja yang harganya bisa selangit begitu? Dunia seni lukis digemparkan oleh pembelian salah satu koleksi lukisan paling legendaris di dunia. Lukisan dua wanita Tahiti karya pelukis Prancis, Paul Gauguin, laku terjual US$ 300 juta atau sekitar Rp 3,8 triliun.

Dikutip dari berbagai sumber, ternyata lukisan Gauguin dibeli taipan minyak asal Qatar dari kolektor asal Swiss, Rudolf Staechelin. "Pembeli meminta namanya dirahasiakan," kata Staechelin seperti dikutip dari France 24, terbitan Jumat, 13 Februari 2015.

Pembelian itu mematahkan rekor lukisan termahal dunia karya Paul Czannes berjudul The Card Players yang dibeli pada 2011 seharga US$ 250 juta, juga oleh kolektor asal Qatar. Berikut adalah 3 lukisan paling mahal sepanjang masa.

1. Paul Gauguin "When Will You Marry" US$ 300 juta (Rp 3,9 triliun) 
Lukisan yang dibuat pada 1982 oleh Gauguin tentang dua gadis Tahiti memecahkan rekor termahal karya tunggal di dunia seni, ketika seorang warga Qatar membeli kanvas dari kolektor Swiss untuk hampir $ 300 juta pada Februari lalu. Lukisan itu dibuat selama perjalanan pertama Gauguin ke Tahiti. Di sana, Gauguin melarikan diri dari segala sesuatu yang artifisial dan konvensional di Eropa.

The Card Players
2. Paul Cézanne "The Card Players" US$ 274 juta (Rp 3,6 triliun) 
Kolektor asal Qatar yang sebelumnya memegang rekor dalam pembelian lukisan, juga membeli lukisan tersebut pada 2011. Lukisan ini menampilkan dua orang yang sedang bermain kartu, model yang dipilih oleh Cézanne berasal dari dalam keluarganya sendiri di Aix-en-Provence: tukang kebun dan peternak.

No. 6 (Violet, Green and Red)
 3. Mark Rothko "No. 6 (Violet, Green and Red)" US$ 186 juta (Rp 2,4 triliun)
Dmitry Rybolovlev, miliarder Rusia, membayar US$ 186 juta untuk karya pelukis Amerika Serikat ini. Namun, sekarang terjadi sengketa hukum dengan Yves Bouvier, seorang pedagang seni yang menuduh Rybolovlev berbohong soal harganya.

Nah itulah 3 lukisan karya termahal di dunia, wah ternyata memang ada ya, yang berani beli mahal hanya ingin memiliki lukisan yang memiliki nilai seni yang tinggi. Beda saja kalau punya uang mah, hihi...